Sifat-sifat Umum Bilangan Berpangkat

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu
By -
0

Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

 


Bilangan berpangkat adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk pangkat dengan basis dan eksponen tertentu. Sahabat Berita Info, Sifat-sifat yang umum terkait bilangan berpangkat antara lain:

Sifat penjumlahan: 

Jika memiliki dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama, maka dapat menjumlahkan eksponennya. Misalnya, a^m * a^n = a^(m+n).

Sifat pengurangan: 

Jika memiliki dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama, maka dapat mengurangkan eksponennya. Misalnya, a^m / a^n = a^(m-n).

Sifat perkalian: 

Jika memiliki dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama, maka dapat mengalikan eksponennya. Misalnya, (a^m) * (a^n) = a^(m+n).

Sifat pembagian: 

Jika memiliki dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama, maka dapat membagi eksponennya. Misalnya, (a^m) / (a^n) = a^(m-n).

Sifat pangkat dari pangkat: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen yang dipangkatkan, maka dapat mengalikan eksponennya. Misalnya, (a^m)^n = a^(m*n).

Sifat perkalian pangkat dengan basis yang sama: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen yang sama, maka dapat mengalikan basisnya. Misalnya, a^m * b^m = (a*b)^m.

Sifat pembagian pangkat dengan basis yang sama: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen yang sama, maka dapat membagi basisnya. Misalnya, a^m / b^m = (a/b)^m.

Sifat pangkat nol: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen nol, maka hasilnya adalah 1. Misalnya, a^0 = 1.

Sifat pangkat satu: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen satu, maka hasilnya adalah basis itu sendiri. Misalnya, a^1 = a.

Sifat pangkat negatif: 

Jika memiliki bilangan berpangkat dengan eksponen negatif, maka hasilnya adalah kebalikan dari basisnya yang dipangkatkan dengan eksponen positif. Misalnya, a^(-n) = 1/(a^n).

Sifat-sifat di atas membantu dalam melakukan operasi matematika pada bilangan berpangkat dan dalam menyederhanakan ekspresi matematika yang melibatkan bilangan berpangkat.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)