Algoritma Pembagian

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu
By -
0

 

Algoritma Pembagian




Pembaca Berita Info, Algoritma pembagian adalah metode matematika yang digunakan untuk membagi dua angka, yaitu pembagi dan dividen, untuk  mendapatkan hasil bagi dan sisa. Rumus umum Dividen = (Pembagi × Hasil Bagi) + Sisa, tidak sepenuhnya menggambarkan algoritma pembagian yang umum digunakan. Namun, rumus tersebut mencerminkan hubungan matematis yang benar antara dividen, pembagi, hasil bagi, dan sisa.

  1. Secara umum, algoritma pembagian melibatkan langkah-langkah berikut:
  2. Menentukan pembagi (D) dan dividen (N).
  3. Memulai dengan hasil bagi (Q) awal yang bernilai nol.
  4. Memulai dengan sisa (R) awal yang sama dengan dividen (N).
  5. Melakukan langkah-langkah berikut hingga sisa (R) mencapai nol atau lebih kecil dari pembagi (D):
  • a. Mengurangi pembagi (D) dari sisa (R).
  • b. Jika hasilnya non-negatif, tambahkan satu ke hasil bagi (Q).
  • c. Ulangi langkah a dan b dengan menggunakan sisa yang baru.

Setelah sisa (R) mencapai nol atau lebih kecil dari pembagi (D), hasil bagi (Q) adalah hasil pembagian yang diinginkan, dan sisa (R) adalah sisa dari pembagian tersebut.

Algoritma pembagian yang umum digunakan ini dikenal sebagai algoritma pembagian "panjang" atau "metode digit pertama". Ada juga berbagai metode pembagian lainnya, seperti algoritma pembagian dengan penggandaan dan pengurangan berulang (metode "ganda") atau algoritma pembagian dengan penyebaran digit (metode "Pangkat 10"), yang mempercepat proses pembagian dalam beberapa kasus.

Namun, penting untuk dicatat bahwa algoritma pembagian yang digunakan dalam komputer modern menggunakan representasi biner dan memiliki beberapa perbedaan teknis dalam implementasinya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)